Urapan Karunia Nabi

0
274

Oleh : AP

2 Raja-raja 8:7-15 (TB) Elisa masuk ke Damsyik, dan pada waktu itu Benhadad, raja Aram, sedang sakit. Ketika dikabarkan kepada raja: “Sudah datang abdi Allah ke mari,”
berkatalah ia kepada Hazael: “Ambillah persembahan, pergilah menyongsong abdi Allah itu dan mintalah petunjuk TUHAN dengan perantaraannya: Sembuhkah aku dari penyakit ini?”
Lalu pergilah Hazael menyongsong dia, diambilnyalah persembahan berupa segala barang yang indah-indah dari Damsyik, sebanyak muatan empat puluh ekor unta. Sesudah sampai, tampillah ia ke depan Elisa dan berkata: “Anakmu Benhadad, raja Aram, menyuruh aku menanyakan kepadamu: Apakah aku akan sembuh dari penyakit ini?”
Jawab Elisa kepadanya: “Pergilah, katakanlah kepadanya: Pastilah engkau sembuh. Namun demikian, TUHAN telah memperlihatkan kepadaku, bahwa ia pasti mati dibunuh.”
Elisa menatap dengan lama ke depan, lalu menangislah abdi Allah itu.
Hazael berkata: “Mengapa tuanku menangis?” Jawab Elisa: “Sebab aku tahu bagaimana malapetaka yang akan kaulakukan kepada orang Israel: kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api, terunanya akan kaubunuh dengan pedang, bayinya akan kauremukkan dan perempuannya yang mengandung akan kaubelah.”
Sesudah itu berkatalah Hazael: “Tetapi apakah hambamu ini, yang tidak lain dari anjing saja, sehingga ia dapat melakukan hal sehebat itu?” Jawab Elisa: “TUHAN telah memperlihatkan kepadaku, bahwa engkau akan menjadi raja atas Aram.”
Lalu ia pergi dan meninggalkan Elisa dan setelah ia sampai kepada tuannya, berkatalah raja kepadanya: “Apakah dikatakan Elisa kepadamu?” Jawabnya: “Ia berkata kepadaku, bahwa pastilah engkau sembuh.”
Tetapi keesokan harinya ia mengambil sehelai selimut yang telah dicelupkannya ke dalam air dan membentangkannya ke atas muka raja. Jadi matilah raja, dan Hazael menjadi raja menggantikan dia.

Perenungan
Kejahatan Israel dan Yehuda telah mencapai klimaks nya dibawah pemerintahan Yoram dan Ahazia, keluarga Ahab telah membuat membuat semua Israel dan Yehuda membelot dari Tuhan.
Oleh karena itu atas seizin Tuhan, Hazael orang Aram itu menghancurkan mereka.
Hazael adalah bawahan raja Ben-Hadad raja Aram, ia sudah dipilih Tuhan untuk Elia urapi menjadi raja.
Tetapi kejadian ini terjadi di masa Elisa menjadi nabi.

Penerapan
Dari kisah Hazael ada beberapa yang bisa kita pelajari :

  1. Rencana Tuhan terus berjalan
    Mungkin tanpa Elia yang tidak jelas kisahnya mengenai tugasnya mengurapi Hazael, tetapi kejadian Elisa bertemu Hazael bukanlah kebetulan (dengan sakitnya Ben Hadad)-ada kemungkinan Elisa mengurapi Hazael saat itu.
  2. Hazael sangat menghormati nabi Tuhan
    Meskipun bukan orang Israel, Hazael sangat menghormati Elisa (memanggil Elisa Tuan dan menyebut Ben Hadad ‘anakmu’, merendahkan diri sebagai anjing dihadapan Elisa-versi NASB).
    Penghormatan Hazael kepada Elisa juga terlihat dengan persembahan sebanyak 40 unta full dengan barang-barang.
  3. Hazael bergerak menggenapi nubuatan dan urapannya
    Meskipun dengan cara yang jahat, Hazael dengan yakin, tanpa ragu-ragu membunuh Ben-Hadad dan mengambil alih pemerintahan.
    Kelihatannya Hazael mempunyai kedudukan penting di istana dan ia bisa mempengaruhi banyak pembesar raja.

Pelajarannya:
Kisah tentang Hazael mengajarkan bahwa semua orang yang mau menghormati Tuhan dan berjalan dalam rencananya (baik orang percaya atau bukan sekalipun) maka nubuatan Tuhan akan terjadi dalam hidup orang tersebut.

Nubuatan harus digenapi dengan pengejaran dan keseriusan seseorang, karena nubuatan yang dari Tuhan dahsyat.
Seperti yang Paulus katakan :
1 Korintus 14:37-39 (TB) Jika seorang menganggap dirinya nabi atau orang yang mendapat karunia rohani, ia harus sadar, bahwa apa yang kukatakan kepadamu adalah perintah Tuhan.
Tetapi jika ia tidak mengindahkannya, janganlah kamu mengindahkan dia.
Karena itu, saudara-saudaraku, usahakanlah dirimu untuk memperoleh karunia untuk bernubuat dan janganlah melarang orang yang berkata-kata dengan bahasa roh.

Anda pernah dinubuatkan seseorang hamba Tuhan…apakah anda masih mengejar urapannya itu atau sudah melupakannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here