Pengabaran Injil Adalah Peperangan Rohani

0
513

Oleh : IL
(BE Lukas 10:17-20)

Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu.”
Lalu kata Yesus kepada mereka:
“Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.
Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.
Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.”

Perenungan:
Ketika ke70 murid kembali dengan gembira, menceritakan dengan bangga bahwa setan-setan pun takluk kepada mereka ketika mereka mengusir setan-setan tersebut dalam nama Yesus… Yesus mengatakan 3 hal penting:

a. “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. (18)

Menyatakan bahwa Pengabaran Injil merupakan peperangan rohani.
Di alam roh, terlihat jelas bahwa melalui pengabaran Injil, iblis dan segala pekerjaan-pekerjaan kerajaan gelap dikalahkan.

b. Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. (19)

Menyatakan bahwa Tuhan memperlengkapi para muridNya dengan kuasa ilahi untuk mengabarkan Injil.
Yang perlu diingat adalah….kuasa Allah Pencipta pasti akan mengalahkan kuasa, kekuatan iblis, yang adalah malaikat ciptaan Allah yang memberontak kepada Allah Penciptanya.
Sehingga Yesus menegaskan bahwa tidak ada yang akan membahayakan kamu.

c. Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.” (20)

Hal ini merupakan peringatan kepada para murid…bahwa kuasa Tuhan bukan untuk kemegahan dan kebanggaan diri mereka, jangan sampai murid-murid terlena dalam euphoria merasa diri hebat karena roh-roh jahat bisa ditaklukkan oleh mereka.
Saat ada kesombongan dalam hati, hal tersebut bisa menjadi jerat yang menjadi celah bagi iblis menyerang balik dalam bentuk membesarkan diri sendiri, mencuri kemuliaan Tuhan, bahkan bisa mengesampingkan pekerjaan Tuhan demi kemuliaan diri..
Berhati-hatilah…
Ingat! Pengabaran Injil adalah peperangan rohani!

Satu-satunya yang menjadi alasan untuk bersukacita hanyalah….karena nama kita terdaftar di sorga..
Kita telah menjadi anggota Kerajaan Allah.

Kesempatan bisa ikut menjadi duta Kerajaan Allah, menjadi rekan sekerja Allah, diperlengkapi dengan kuasa ilahi..
Itu merupakan kasih karunia, bukan untuk kemuliaan diri…dan sama sekali jangan sampai disalah gunakan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here