Jadwal Ibadah yang Sangat Rapi

0
290

Oleh : AP

Ibadah bagi Daud adalah hal yang sangat penting dan serius untuk dilakukan baik jadwal maupun tatacara dan tentunya para pelayan di Bait Allah

1 Tawarikh 25:1-7 (TB) Selanjutnya untuk ibadah Daud dan para panglima menunjuk anak-anak Asaf, anak-anak Heman dan anak-anak Yedutun. Mereka bernubuat dengan diiringi kecapi, gambus dan ceracap. Daftar orang-orang yang bekerja dalam ibadah ini ialah yang berikut:
dari anak-anak Asaf ialah Zakur, Yusuf, Netanya dan Asarela, anak-anak Asaf di bawah pimpinan Asaf, yang bernubuat dengan petunjuk raja.
Dari Yedutun ialah anak-anak Yedutun: Gedalya, Zeri, Yesaya, Simei, Hasabya dan Matica, enam orang, di bawah pimpinan ayah mereka, Yedutun, yang bernubuat dengan diiringi kecapi pada waktu menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi TUHAN.
Dari Heman ialah anak-anak Heman: Bukia, Matanya, Uziel, Sebuel, Yerimot, Hananya, Hanani, Eliata, Gidalti, Romamti-Ezer, Yosbekasa, Maloti, Hotir dan Mahaziot.
Mereka ini sekalian adalah anak-anak Heman, pelihat raja, menurut janji Allah untuk meninggikan tanduk kekuatannya; sebab Allah telah memberikan kepada Heman empat belas orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan.
Mereka ini sekalian berada di bawah pimpinan ayah mereka pada waktu menyanyikan nyanyian di rumah TUHAN dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah dengan petunjuk raja. Demikianlah keadaan bani Asaf, Yedutun dan Heman.
Jumlah mereka bersama-sama saudara-saudara mereka yang telah dilatih bernyanyi untuk TUHAN — mereka sekalian adalah ahli seni — ada dua ratus delapan puluh delapan orang.

Perenungan
Begitu serius dan rapinya Daud membuat susunan para pelayan di Bait Allah.
Ada beberapa kategori yang Daud buat :

  1. Pelayan Tuhan yang bisa bernubuat
  2. Pelayan Tuhan yang bisa bermaim musik
  3. Pelayan yang bisa bernyanyi untuk pujian dan syukur dengan baik
  4. Pelayanan yang bisa melihat (seer) untuk menguatkan Raja
  5. Pelayan yang kuat untuk menjaga pintu gerbang Bait Allah

Penerapan
Adalah suatu yang indah ketika gereja Tuhan melakukan fungsinya seperti yang Tuhan inginkan.
Daud di jaman Perjanjian Lama sudah melakukannya dengan rapi.
Paulus kembali mengingatkan akan tugas para pelayan Tuhan (kita semua) untuk melakukan fungsinya membangun jemaat dan gereja Tuhan.
Ada yang diberi karunia untuk mengajar, bernubuat, menasehati, membagikan sesuatu dan lainnya.
Semua dilakukan dalam satu kesatuan tubuh Kristus (Roma 12).

Mari melayani Tuhan dengan sebaik-baiknya sesuai talenta yang Tuhan sudah berikan semuanya untuk kemuliaan Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here