Jangan Engkau Tidak Percaya Lagi, Melainkan… Percayalah!

0
317

Oleh : IL

(BE Yohanes 20:27-31)

Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku
dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya.
Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”
Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Perenungan:

  1. Kitab Yohanes mencatat banyak peristiwa mujizat yang Yesus, yang adalah Allah sendiri, telah lakukan selama menjelma menjadi manusia
    dan masih banyak tanda yang tidak tercatat.

Yohanes 21:25
Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Woww…..
Allah Pencipta datang ke dunia menghampiri ciptaanNya..dan IA tidak tanggung-tanggung… IA dengan sepenuh hati.
Allah sungguh-sungguh serius… mau menunjukkan jalan keselamatan menunjukkan sebuah SOLUSI !!! untuk kejatuhan manusia dalam dosa sejak jaman Adam dan Hawa.
Allah telah memberikan begitu banyak tanda-tanda dan mujizat-mujizatNya.
Allah juga telah menunjuk penulis-penulis Injil mencatatnya sehingga kita di abad ini masih bisa mengetahui apa yang Yesus telah lakukan 2 abad yang lampau.

Dan seperti perkataan Yesus kepada Tomas, demikian pula Yesus, Allah sendiri, berkata kepada kita: dan jangan engkau tidak percaya lagi,
melainkan percayalah.”

Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

  1. Keputusan untuk bertobat, percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat merupakan keputusan yang berimplikasi kekal.
    Seperti dituliskan…tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Yup!
Dunia sedang tenggelam menuju kebinasaannya…..ketika kita merespon uluran tangan Allah yang menyelamatkan, bahwa hanya melalui Yesuslah ada jalan keselamatan itu.. maka kita akan MEMPEROLEH HIDUP!
HIDUP KEKAL SELAMA-LAMANYA BERSAMA ALLAH PENCIPTA KITA!!

Yohanes 3:16, 18
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Aplikasi:

  1. Tidak mengeraskan hati karena tanda-tanda yang Tuhan berikan sudah cukup, tinggal kitalah yang harus merespon panggilan Tuhan ini.
    Panggilan yang sungguh-sungguh untuk kepentingan keselamatan kita sendiri, yang dampaknya sampai kekal.
    Berdoa minta Roh Tuhan sendiri menuntun dan memberi iman.
    Percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dan mulai hidup dituntun olehNya, tunduk taat kepada FirmanNya.
  2. Hanya pandang kepada Yesus, terkadang kerajaan gelap akan berusaha keras menjauhkan seseorang dari kasih karunia Allah, misalnya lewat orang percaya yang menjadi batu sandungan, dan lain-lain.
    Segera sadari, dan ambil keputusan untuk hanya memandang kepada Yesus saja.
    Karena karya Nya … tanda-tandaNya sudah cukup!
    Jangan sampai kita tidak percaya lagi! …. melainkan percayalah!

Ibrani 3:15
Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman”,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here