Ia Melarang Mereka Meninggalkan Yerusalem

0
268

Oleh : IL

(BE Kisah Para Rasul 2:1-4)

Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Perenungan:
Sebelum Yesus naik ke surga, Yesus telah menjanjikan bahwa akan datang Roh Kudus, yang akan menggantikanNya menyertai murid-muridNya.

Yohanes 16:7-11, 13-15 (TB) Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.
Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

Janji Tuhan Ya dan Amin! Roh Penghibur turun pada hari Pentakosta, yaitu ketika orang percaya berkumpul.

Perenungan dan aplikasi:
Saat waktu Tuhan (kairos) tiba… ada di manakah kita?
Apakah kita termasuk orang percaya yang tekun menanti-nantikan janji Tuhan…ataukah kita sedang teralih melakukan hal-hal lain.. yang mungkin baik….tetapi kita kehilangan kairos Tuhan..tidak ikut dalam kegerakan Tuhan.

Mari mulai dengan mendengar dan menaati perintahNya.

Kisah Para Rasul 1:4-5
Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang — demikian kata-Nya —”telah kamu dengar dari pada-Ku.
Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here