Apa yang Menjadi Aturanmu?

0
126

Oleh : AP

Pembacaan Yesaya 8
Yesaya 8:19-20 (TB) Dan apabila orang berkata kepada kamu: “Mintalah petunjuk kepada arwah dan roh-roh peramal yang berbisik-bisik dan komat-kamit,” maka jawablah: “Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?”
“Carilah pengajaran dan kesaksian!” Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.

Perenungan
Pernahkah anda melihat atau mendengar ada orang yang berkonsultasi dengan orang yang sudah mati (memanggil arwah)?
Atau beberapa orang berbicara meminta arahan di pusara orang tuanya yang sudah meninggal?
Atau mendapat mimpi / pesan dari orang yang sudah mati?

Yesaya mendapat pesan dari Tuhan suaya tidak berbuat seperti orangg-orang Israel dan Yehuda yang jelas-jelas melanggar Taurat Tuhan mengenai hal ini.

Imamat 19:31
Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.

Imamat 20:6
Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya.

Imamat 20:27
Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuk arwah atau roh peramal, pastilah mereka dihukum mati, yakni mereka harus dilontari dengan batu dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.”

Ulangan 18:11
seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.

Penerapan
Yesus berkata bahwa dunia orang hidup berbeda dengan orang mati, ada jurang besar yang tidak terseberangi antara Hades dan Dunia orang hidup. (Perumpamaan Lazarus)

Yesaya disuruh memberitahu kepada semua umat Tuhan agar banyak belajar kepada hukum Tuhan (Alkitab) dan mendengarkan kesaksian (pengajaran, khotbah) supaya bisa mengenal Tuhan lebih baik.

Jangan membuat aturan-aturan yang tidak sesuai Firman Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here