Terpuji, Ternama, Terhormat

0
450

Oleh : IL

Ester 10:3
Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua di bawah raja Ahasyweros, dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.

Dalam sejarah umat Tuhan, ada orang-orang yang Tuhan angkat begitu tinggi, seperti Yusuf, Daniel, Hananya, Misael, Azarya (Sadrakh, Mesakh, Abednego) sehingga sekalipun di negeri asing, hikmat dan kuasa mereka diakui semua orang, sehingga segala bangsa melihat..
sungguh ada Tuhan Allah yang hidup yang menyertai mereka.

Beberapa kriteria orang-orang yang Tuhan pakai menjadi alat kemuliaan Tuhan, sebagai berikut :

  1. Memiliki keterhubungan dengan Tuhan sehingga hikmat yang mereka miliki sangat menonjol, mengalahkan hikmat orang-orang terpandai di dunia.

Ester 10:2
Segala perbuatannya yang hebat serta gagah dan pemberitaan yang seksama tentang kebesaran yang dikaruniakan raja kepada Mordekhai, bukankah semuanya itu tertulis di dalam kitab sejarah raja-raja Media dan Persia?

Daniel 1:20
Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka (Daniel, Hananya, Misael, Azarya) sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.

  1. Memiliki ketaatan kepada otoritas di atasnya, namun tahu batas-batas kapan harus lebih taat kepada Tuhan daripada manusia.

Mordekhai menolak menyembah Haman, meskipun akibatnya ia menjadi sasaran pembunuhan oleh Haman, namun Tuhan memberikan pembelaan yang luar biasa.

Kisah Para Rasul 4:19
Tetapi Petrus dan Yohanes menjawab mereka: “Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: taat kepada kamu atau taat kepada Allah.

  1. Memiliki kepedulian yang besar terhadap keselamatan dan kesejahteraan umat Tuhan.

Mordekhai mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya. Demikian juga dengan Yusuf.

Kejadian 50:20-21
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.
Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak-anakmu juga.” Demikianlah ia menghiburkan mereka dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya.

  1. Memiliki perkataan dan tindakan yang selaras dengan hati Tuhan.
    Mordekhai berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.
  2. Memiliki kerendahan hati yang teruji
    Ketika diangkat tinggi, maka tidak menjadi angkuh, namun makin membesarkan dan memuliakan nama Tuhan.

Aplikasi:

  1. Pelihara keterhubungan dengan Tuhan, agar kita menangkap maksud Tuhan, sehingga Tuhan leluasa memakai kita menjadi alatNya.
  2. Memperhatikan struktur otoritas yang Tuhan telah tetapkan.
    Menghormati Tuhan, kepala pemerintahan, gembala, orang tua, atasan.
    Mengetahui kapan harus lebih menaati Tuhan daripada manusia.
  3. Peduli akan keselamatan & kesejahteraan orang-orang sekitar.
  4. Tetap rendah hati

Ulangan 26:17-19
Engkau telah menerima janji dari pada TUHAN pada hari ini, bahwa Ia akan menjadi Allahmu, dan engkau pun akan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya.
Dan TUHAN telah menerima janji dari padamu pada hari ini, bahwa engkau akan menjadi umat kesayangan-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, dan bahwa engkau akan berpegang pada segala perintah-Nya, dan Ia pun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here