Dapat Dipercaya vs Orang Kebanyakan

0
434

Oleh : IL

Nehemia 7:2
Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada Hanani, saudaraku, dan kepada Hananya, panglima benteng, karena dia seorang yang dapat dipercaya dan yang takut akan Allah lebih dari pada orang-orang lain.

Perenungan:
Hanani & Hanaya diangkat oleh Nehemia bukan karena nepotisme (karena hubungan persaudaraan, dengan tegas Nehemia mengatakan bahwa ada kualitas yang mereka miliki, yang tidak dimiliki oleh orang-orang lainnya.
Mereka dapat dipercaya (a faithful man- NASB, a man of integrity – NIV , more faithful – ESV), dan…… ini yang luar biasa… takut akan Allah lebih dari orang-orang lain.
WOW….

Ketika seorang sungguh-sungguh & sepenuh hati takut akan Tuhan maka akan menghasilkan pikiran, perkataan, perbuatan yang selaras dengan nilai-nilai Kerajaan Allah.
Hal ini otomatis akan memunculkan kualitas yang berbeda dari orang-orang dunia menjadi orang yang memiliki integritas memiliki tanggung jawab yang tak diragukan lagi dan yang membedakan adalah ada hikmat ilahi yang menyertai mereka, hikmat yang tidak dimiliki orang-orang dunia yang akan memampukan mereka melakukan yang terbaik dalam setiap hal yang dipercayakan kepada mereka.

Kualitas inilah yang menjadikan mereka menjadi orang yang dapat dipercaya.

Aplikasi:
Seberapakah hati kita rela untuk hidup takut akan Tuhan? Mengikuti ketetapan-ketetapan & nilai-nilai yang Tuhan tetapkan?

Seberapa setia kita mengikuti Tuhan, dalam ibadah, dalam persekutuan pribadi dengan Tuhan untuk mencari tuntunan-Nya?

Seberapa besar ketaatan kita saat menerima teguran Tuhan, dan menerima instruksi Tuhan?

Seberapa setia kita melakukan hal-hal kecil yang Tuhan perintahkan, dan Tuhan percayakan… baik dalam keluarga, pelayanan, pekerjaan maupun lingkungan?

Menjadi orang yang dapat dipercaya tidaklah terjadi dalam satu hari, perlu proses ketaatan, ketekunan, bayar harga.

Matius 25:21
Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil,
aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here