Flashback yang diikuti Rekomitmen

0
439

Oleh : AP

Nehemia 9:5-7, 34-38 (TB) Dan berkatalah Yesua, Kadmiel, Bani, Hasabneya, Serebya, Hodia, Sebanya dan Petahya, orang-orang Lewi itu: “Bangunlah, pujilah TUHAN Allahmu dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Terpujilah nama-Mu yang mulia, yang ditinggikan mengatasi segala puji dan hormat!”
“Hanya Engkau adalah TUHAN! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu.
Engkaulah TUHAN, Allah yang telah memilih Abram dan membawanya keluar dari Ur-Kasdim dan memberikan kepadanya nama Abraham.
Juga raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, imam-imam kami, dan nenek moyang kami tidak melakukan hukum-Mu. Mereka tidak memperhatikan perintah-perintah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu yang Kauberikan kepada mereka.
Dalam kedudukan sebagai raja mereka tidak mau beribadah kepada-Mu, walaupun Engkau telah mengaruniakan kepada mereka banyak kebaikan dan telah menyediakan bagi mereka tanah yang luas dan subur. Mereka tidak berbalik dari perbuatan-perbuatan mereka yang jahat.
Lihatlah, sekarang ini kami adalah budak. Ya, di tanah yang Kauberikan kepada nenek moyang kami untuk mengecap hasilnya dan segala kekayaannya kami ini adalah budak.
Tanah itu menghasilkan banyak bagi raja-raja yang telah Kautetapkan atas kami karena dosa-dosa kami. Mereka itu memerintah sekehendak hati atas diri kami dan ternak kami, sehingga kami dalam kesesakan besar.”
Berdasarkan semuanya ini kami mengikat perjanjian yang teguh yang kami catat dengan dibubuhi meterai para pemimpin kami, orang-orang Lewi kami dan para imam kami.

Perenungan
Sering mendengar seorang tua menyatakan bahwa dulu keluarganya berjaya…lalu diceritakankah riwayat perjuangan kakek buyut nya dalam mencapai kesuksesan.

Flashback adalah mengingat-ingat kembali kejadian masa lalu dengan detil, supaya dengan tujuan mengambil pelajaran dan hal-hal baik di dalamnya dan juga tidak mengulangi kesalahan yang sudah pernah dilakukan.

Penerapan
Flashback dilakukan Nehemia untuk semua orang Israel yang baru pulang dari pembuangan dengan tujuan memulai kembali sesuatu yang baru di dalam Tuhan dan dengan cara benar.

Jarang ada pemimpin seperti Nehemia dan Ezra yang mengerti betul inti/akar masalah dari kejatuhan orang Israel dan Yehuda.

Sebagai orang percaya kita juga perlu flashback dan introspeksi atas hidup kita apakah kita udah berjalan benar sesuai Firman?

Jika belum bertobatlah dan mulai melakukan komitmen untuk pemulihan segala sesuatu di dalam Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here