Anjing kembali kepada Muntahnya

0
448

Oleh : AP

Pembacaan Nehemia 13
Nehemia 13:4-5, 10-12, 15, 23, 28 (TB) Tetapi sebelum masa itu imam Elyasib yang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik rumah Allah kami, dan yang mempunyai hubungan erat dengan Tobia,
menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.
Juga kudapati bahwa sumbangan-sumbangan bagi orang-orang Lewi tidak pernah diberikan, sehingga orang-orang Lewi dan para penyanyi yang bertugas masing-masing lari ke ladangnya.
Aku menyesali para penguasa, kataku: “Mengapa rumah Allah dibiarkan begitu saja?” Lalu kukumpulkan orang-orang Lewi itu dan kukembalikan pada tempatnya.
Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan.
Pada masa itu kulihat di Yehuda orang-orang mengirik memeras anggur pada hari Sabat, pula orang-orang yang membawa berkas-berkas gandum dan memuatnya di atas keledai, juga anggur, buah anggur dan buah ara dan pelbagai muatan yang mereka bawa ke Yerusalem pada hari Sabat. Aku memperingatkan mereka ketika mereka menjual bahan-bahan makanan.
Pada masa itu juga kulihat bahwa beberapa orang Yahudi memperisteri perempuan-perempuan Asdod, perempuan-perempuan Amon atau perempuan-perempuan Moab.
Seorang dari anak-anak Yoyada bin Elyasib, imam besar itu, adalah menantu Sanbalat, orang Horoni itu. Oleh sebab itu kuusir dia dari padaku.

Perenungan
Pribahasa anjing kembali ke muntahnya dipakai untuk menggambarkan seseorang yang kembali ke kebiasaan lama, perbuatan lama, kembali ke masa lalu.
Nehemia sudah membereskan Urusan administrasi dan juga semua yang berurusan dengan Bait Allah dan kemanan Yerusalem.
Tapi apa yang didapatinya setelah ia bersusah payah selama 12 tahun dan kembali sebentar ke Susa?
Semua kembali lagi ke kekacauan.

Mulai dari terbengkalainya hari sabat, terbengkalaianya persembahan untuk org Lewi, terbengkalaianya ibadah pujian dan penyembahan di Bait Allah, Mengotori pelataran Bait Allah, kawin campur kembali…

Baru ditinggal sebentar (mungkin beberapa tahun) rakyat sudah kembali tidak setia kepada Firman.
Ini menggambarkan kecendrungan manusia untuk selalu kembali kepada dosa ketika mereka tidak menjaga hati dan tidak berpaut pada Firman

Penerapan
Apakah manusia bisa kembali kepada dosa?
Bisa…tergantung manusia roh nya atau manusia jasmaninya yang diberi makan setiap hari.
Tetapi orang percaya bisa menjadi seperti Nehemia bila ia terus berpaut pada Firman dan mementingkan Firman dalam hidupnya.

Kolose 3:9-10 (TB) Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here