What Do You Wish For?

0
598

Oleh : AP

1 Raja-raja 3:5 (TB) Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.”
1 Raja-raja 3:9-10 (TB) Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”
Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.

  • Perenungan*
    Dalam kisah 1001 malam ada sebuah cerita tentang tiga orang yang terdampar di suatu pulau terpencil dan menemukan sebuah benda yang bisa mengabulkan tiga permintaan.
    Yang seorang meminta agar ia bisa pulang bertemu istri dan anak-anaknya dan sekejap ia pun hilang.
    Orang kedua ingin bisa bertemu dengan teman-temannya lagi dan sekejap juga ia hilang.
    Hanya tinggal orang ketiga yang melihat ia sendirian dan tidak ada seorangpun di pulau itu dan ia mengatakan ia kesepian dan berharap kedua temannya itu kembali menemaninya.

Cerita di atas sepertinya hanya sebuah anekdot tentang suatu keinginan atau permintaan seseorang yang ditawari suatu janji oleh seseorang yang mampu memberikannya.

Salomo suatu hari ditawari boleh meminta sesuatu kepada Tuhan…apapun permintaannya pasti dikabulkan.
Apa yg diminta Salomo? Ia meminta hikmat Tuhan untuk mengelola dan memimpin negaranya.

Penerapan
Pilihan menentukan hasil…dalam hidup ini kita selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan…mulai dari awal hari apakah hendak bangun lebih awal? Apakah akan mandi hari ini? Pakaian mana yang hendak dipakai? Apakah nanti malam akan kerja lembur? Makanan apa yang akan dikonsumsi hari ini?

Semua perkara di atas adalah pilihan perkara-perkara jasmani …bagaimana dengan pilihan-pilihan rohani?
Apakah saya akan membaca dan merenungkan Firman hari ini? Apakah saya akan memulai hari dengan doa kepada Bapa di surga? Apakah saya memilih untuk berjalan bersama Tuhan hari ini?
Apakah saya memilih untuk pergi beribadah minggu ini?
Apakah saya memutuskan untuk mengampuni hari ini?

Salomo memilih untuk mendapatkan Hikmat Tuhan saat ia memulai karirnya sebagai seorang raja, hal itu Tuhan pandang baik dan Tuhan berkati segala sesuatunya.

Bila anda ditawari suatu permintaan yang pasti dikabulkan…permintaan apa yang anda minta kepada Tuhan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here