Menjadi Anak-Anak Allah

0
460

Oleh : AP

Yohanes 1:12-13 (TB) Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Perenungan
Tetapi… ini adalah suatu kata tentang titik balik yang berlawanan dengan kalimat sebelumnya yaitu bahwa orang-orang Israel sudah menolak Yesus yang sudah datang inkarnasi sebagai manusia di bumi ini.

Tetapi… sekarang siapapun…semua orang…tanpa memandang ras, asal usul, keadaan apapun (kaya, miskin, sakit, menderita dll.), posisi apapun, di mana pun, besar kecil, tua muda…tanpa kecuali … yang menerimaNya…yang menerima Yesus sebagai apa? Sebagai Tuhan yang menciptakan segalanya (Yohanes 1:3) sebagai Allah diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah….artinya Yesus mempunyai hak untuk memberikan KuasaNya kepada semua orang yang menerimaNya …. supaya menjadi (asalnya bukan) anak-anak Allah.

Artinya dulu kita bukan anak-anak Allah, dan tidak bisa jadi anak-anak Allah…tidak ada yang bisa menjadikan dan tidak ada kuasa yang sanggup menjadikan … kecuali jika hanya Yesus sendiri yang memberikannya …memberikan ‘Kuasa’…power…kesanggupan untuk menjadi anak-anak Allah.

Artinya menjadi anak-anak Allah itu bukan kesanggupan, atau kehebatan manusia…tetapi itu hanya terjadi karena diberikan kemampuan oleh Yesus…tidak ada yang bisa mengklaim saya bisa jadi anak Allah karena saya hebat, saya pintar, saya punya ilmu….
Kuasa hanya diberikan dari sang empunya hanya kepada orang-orang yang menerima Yesus dalam hidupnya.

Yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah…

Artinya seseorang menjadi anak Allah bukan secara jasmani tetapi secara rohani… Tidak ada hubungan dengan keturunan…bukan karena ada hubungan darah…tetapi dilahirkan kembali dari Roh Allah.

Penerapan
Pernyataan Yohanes ini menjawab pertanyaan Nikodemus dan semua orang di bumi yang mempunyai kerinduan untuk mengerti bagaimana mungkin manusia bisa masuk ke Kerajaan Allah di Sorga.

Hanya Tuhan yang bisa menjadikan kita warga Kerajaan Sorga.

Oleh karena itu jangan jadi sombong, takabur…karena keselamatan itu bukan hasil kekuatan manusia, bukan dibuat oleh usaha manusia, tetapi karena anugerah.

Anugerah yang diterima seseorang karena ia mau mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan Sang Pencipta Dunia ini.

Efesus 2:8
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here