Iman VS Keinginan Diri Sendiri

0
145

Oleh : IL

Yeremia 21:2
“Tanyakanlah kiranya petunjuk TUHAN untuk kami, sebab Nebukadnezar, raja Babel, memerangi kami!
Barangkali TUHAN mau melakukan kepada kami tepat seperti perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, sehingga Nebukadnezar mundur meninggalkan kami.”

Perenungan:
Saat kondisi buruk, bahkan sangat kritis, umat Tuhan biasanya akan datang untuk meminta pertolongan Tuhan, “menagih” janji-janjiNya yang tertulis dalam FirmanNya, dan mengutip Firman Tuhan ( perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib).
Mengharap berkat Tuhan, menagih janji Tuhan, dan ketika tidak terjadi seperti yang diharapkan lalu menyalahkan Tuhan.

Padahal…
Sesungguhnya yang ingkar janji adalah umat Tuhan sendiri di mana posisinya sudah bukan lagi umat perjanjian , karena sudah melanggar perjanjian sehingga tidak dalam posisi berhak menerima janji Tuhan.

Yeremia 22:9
Orang akan menjawab:
Oleh karena mereka telah melupakan perjanjian TUHAN, Allah mereka, dan telah sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya.”

Dan akibat perbuatan-perbuatan umat Tuhan yang tidak setia itu, bahkan berkali-kali menolak untuk berbalik..maka ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Yeremia 21:14
Aku akan melakukan pembalasan kepadamu sesuai dengan hasil perbuatanmu, demikianlah firman TUHAN.
Aku akan menyalakan api di hutannya yang akan memakan habis segala sesuatu yang di sekitarnya.”

Aplikasi:

  1. Cek apakah kita masih termasuk ke dalam umat perjanjian dengan Tuhan, yang masih setia beribadah kepadaNya, yang memegang teguh perkataan-perkataanNya, ketetapan dan peraturan-peraturan Tuhan, yang menghidupi nilai-nilai Kerajaan Allah, dan bukan nilai-nilai dunia,
    yang bersedia ditegur dan diarahkan oleh Tuhan & mau berubah.
    Ataukah kita termasuk umat yang selalu ingin berjalan sendiri, mengikuti perasaan, keinginan, & pemikiran sendiri, tidak mau tunduk kepada otoritas Tuhan dan FirmanNya?
  2. Cek apakah doa-doa kita selaras dengan apa yang Tuhan akan kerjakan, ataukah doa-doa yang hanya mengklaim janji Tuhan saja
    tanpa mau tahu apa yang Tuhan maksud dan apa yang Tuhan sedang lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here