Anak Setan yang Bertobat

0
396

Oleh : AP

Pembacaan 2 Raja-raja 21 & 2 Tawarikh 33
Bagaimana rasanya mempunyai seorang anak yang kelakuannya mirip setan.
Semua prestasi ayahnya dihancurkan, memyembah setan-setan, nujum, tenung, panggil arwah, bunuh anaknya sendiri untuk persembahan, buat berhala-berhala di Bait Allah, buat semua rakyat murtad.
Namanya Manasye…semua prestasinya tercatat luar biasa dalam hal kejahatannya (bahkan menurut catatan tradisi Yahudi ia membunuh nabi Yesaya).

Perenungan
Mungkin kita berpendapat lebih baik kalau orang jahat seperti Manasye akan tidak lama hidupnya di bumi.
Tetapi alkitab mencatat ia memerintah 55 tahun lamanya.

Tuhan beri Manasye waktu yang panjang dengan maksud memberikan kesempatan padanya supaya bertobat.

Ketika ia ditawan ke Babel sesuatu terjadi…ia merendahkan diri di hadapan Tuhan…wow.

2 Tawarikh 33:12-13 (TB) Dalam keadaan yang terdesak ini, ia berusaha melunakkan hati TUHAN, Allahnya; ia sangat merendahkan diri di hadapan Allah nenek moyangnya, dan berdoa kepada-Nya. Maka TUHAN mengabulkan doanya, dan mendengarkan permohonannya. Ia membawanya kembali ke Yerusalem dan memulihkan kedudukannya sebagai raja. Dan Manasye mengakui, bahwa TUHAN itu Allah.

Jadi sebenarnya orang jahat juga tahu (atau pernah mendengar Firman) mana yang benar tetapi Iblis mengikatnya dan ia menikmati hidup dalam dosa.

Karena itu Paulus mengingatkan Timotius supaya terus menyampaikan Injil baik dan tidak baik waktunya.

Ada perubahan sikap dan hati ketika Manasye pulang dari pembuangan karena anugerah Tuhan.

2 Tawarikh 33:15-16 (TB) Ia menjauhkan allah-allah asing dan berhala dari rumah TUHAN, juga segala mezbah yang didirikannya di atas gunung rumah TUHAN dan di Yerusalem, dan membuangnya ke luar kota.
Ia menegakkan kembali mezbah TUHAN, mempersembahkan korban keselamatan dan korban syukur di atasnya, menyerukan kepada Yehuda untuk beribadah kepada TUHAN, Allah Israel.

Kesimpulan: Pernah atau masih mengalami hidup bersama orang yang kelakuannya seperti setan? Doakan sungguh-sungguh selama ia masih hidup supaya Tuhan jamah hatinya dan ada pertobatan dalam hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here