Tidak Mendahului Waktu Tuhan

0
351

Oleh : IL

2 Samuel 2:4a, 11 (TB) Kemudian datanglah orang-orang Yehuda, lalu mengurapi Daud di sana menjadi raja atas kaum Yehuda.
Dan lamanya Daud memerintah di Hebron atas kaum Yehuda adalah tujuh tahun dan enam bulan.

Ziglag adalah ujian terakhir Daud sebelum ia ditahbiskan menjadi raja Wilayah Yehuda secara de Jure.
Daud bertanya kepada Tuhan setelah Saul mati dan ia berangkat ke tanah airnya. Di Hebron ia diangkat menjadi Raja Yehuda
sesuai nubuatan Samuel.

Perenungan
Ketika Saul masih hidup terlihat Daud masih setia tidak pernah menjamah jabatan raja baginya.
Setelah Saul mati pun Daud tidak mengambil jabatan atas seluruh Israel karena Abner masih berkuasa dan mengangkat anak Saul jadi raja.
Kalau dilihat dari janji Tuhan sebenarmya Daud bisa dengan mudah meng claim dan mengangkat dirinya menjadi raja atas seluruh Israel. Tetapi 7 tahun lebih ia menunggu waktu penggenapan janji Tuhan dipenuhi.

Penerapan
Dari narasi di atas terlihat bahwa Daud bisa mengendalikan dirinya, ia selalu bertanya kepada Tuhan dan menunggu waktuNya (Kairos Tuhan).
Ia percaya Tuhan akan selalu menggenapi janjiNya. Sikap itu terlihat dari tindakan dan keputusan Daud yang tidak gegabah tetapi melangkah dengan bijaksana.

Kesimpulan: sangat mudah bagi seseorang yang dalam keadaan prima di puncak kariernya untuk menguasai dan mengambil alih semuanya apalagi bila dengan alasan janji Tuhan.
Mari kita mau bersabar dan menunggu waktuNya Tuhan sebagai waktu yang terbaik bagi kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here