Tetap Bulat Hati kepada Tuhan

0
467

2 Tawarikh 11:14-17 (TB) Sebab orang Lewi meninggalkan tanah penggembalaan dan milik mereka, lalu pergi ke Yehuda dan Yerusalem, oleh karena Yerobeam dan anak-anaknya melarang mereka memegang jabatan imam TUHAN,
dan mengangkat bagi dirinya imam-imam untuk bukit-bukit pengorbanan untuk jin-jin dan untuk anak-anak lembu jantan yang dibuatnya.
Dari segenap suku Israel orang datang ke Yerusalem mengikuti orang-orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari TUHAN Allah Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.
Demikianlah mereka memperkokoh kerajaan Yehuda dan memperkuat pemerintahan Rehabeam bin Salomo selama tiga tahun, karena selama tiga tahun mereka hidup mengikuti jejak Daud dan Salomo.

Perenungan
Ketika Kerajaan Israel terpecah maka Yerobeam memecat semua imam Lewi dan mengangkat imam sendiri sekehendak hati.
Para imam Lewi akhirnya memisahkan diri dan bergabung ke Yehuda.
Namun ternyata tidak semua orang Israel Utara menyembah ilah-ilah yang dibuat Yerobeam.
Masih ada orang-orang yang setia kepada Allah dan mereka memisahkan diri dari Yerobeam dan bergabung dengan para imam Lewi ke Yerusalem.

Penerapan
Ketika keadaan sepertinya kacau balau dan dunia menekan orang percaya untuk beralih dari Tuhan yang benar maka perlu keputusan benar dari orang percaya untuk tetap setia kepada Tuhan yang benar.
Saya kagum kepada orang-orang Israel Utara yang memutuskan untuk migrasi ke Yerusalem (The Message menterjemahkan orang-orang itu bermigrasi ke daerah Yehuda).
Meninggalkan zona nyaman mereka demi kebenaran Firman.

Pelajaran:
Ketika semua orang meninggalkan Tuhan untuk suatu fasilitas yang menawan..apakah kita masih mau setia kepada kebenaran Firman di akhir zaman ini?
Atau berani bayar harga meninggalkan kenyamanan itu demi kebenaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here