Jangan Membalas Dendam

0
184

Oleh : AP

1 Samuel 26:23 (TB) TUHAN akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab TUHAN menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi TUHAN.

Perenungan
Kita sering mendengar pengajaran Yesus yaitu jangan membalas kejahatan dengan kejahatan.
Paulus juga mengingatkan tentang hal ini.
Roma 12:19
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

Daud diperlakukan jahat oleh Saul berkali-kali tetapi berkali-kali juga Daud mengampuni nyawa Saul dan menyerahkan pembalasan kepada Tuhan.

1 Samuel 26:9-10 (TB) Tetapi kata Daud kepada Abisai: “Jangan musnahkan dia, sebab siapakah yang dapat menjamah orang yang diurapi TUHAN, dan bebas dari hukuman?”
Lagi kata Daud: “Demi TUHAN yang hidup, niscaya TUHAN akan membunuh dia: entah karena sampai ajalnya dan ia mati, entah karena ia pergi berperang dan hilang lenyap di sana.

Penerapan
Apa yang dikatakan Daud terjadi…Saul mati di medan perang dengan bunuh diri tidak lama setelah peristiwa di Ziglag.

Apakah ada orang yang berbuat jahat atau tidak sepatutnya kepada saudara … jangan membalas dendam..karena pembalasan adalah hak Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here