Tempat Kemuliaan Allah

0
304

Oleh : AP

2 Tawarikh 7:1-3 (TB) Setelah Salomo mengakhiri doanya, api pun turun dari langit memakan habis korban bakaran dan korban-korban sembelihan itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi rumah itu.
Para imam tidak dapat memasuki rumah TUHAN itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN.
Ketika segenap orang Israel melihat api itu turun dan kemuliaan TUHAN meliputi rumah itu, berlututlah mereka di atas lantai dengan muka mereka sampai ke tanah, lalu sujud menyembah dan menyanyikan syukur bagi TUHAN: “Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.”

Perenungan
Bagaimana kita orang percaya mengetahui bahwa ada kemuliaan Tuhan turun di tempat kita beribadah?
Ketika ada hadirat Tuhan.
Dalam sejarah ada seorang jendral Roma yang datang dan menghancurkan Bait Allah, ia masuk ke dalam Bait Allah tetapi ia tidak langsung mati…mengapa? Banyak penafsir mengatakan karena Allah sudah meninggalkan baitNya di Yerusalem.
Waktu Perjanjian Lama kemuliaan Allah dinyatakan dengan api dari langit dan membuat semua imam-imam dan orang Israel tersungkur menyembahNya.

Penerapan
Allah menyebut Bait Allah sebagai :

  • tempat orang mempersembahkan korban (2 Tawarikh 7:12) Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Salomo pada malam hari dan berfirman kepadanya: “Telah Kudengar doamu dan telah Kupilih tempat ini bagi-Ku sebagai rumah persembahan.
  • dan tempat kediaman namaNya (2 Tawarikh 6:5,20) Sejak Aku membawa umat-Ku keluar dari tanah Mesir, tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, dan tidak ada orang yang Kupilih untuk menjadi raja atas umat-Ku Israel. Dan dengarkanlah permohonan hamba-Mu dan umat-Mu Israel yang mereka panjatkan di tempat ini; bahwa Engkau juga yang mendengarnya dari tempat kediaman-Mu, dari sorga; dan apabila Engkau mendengarnya, maka Engkau akan mengampuni.

Jadi di Perjanjian Lama Tuhan tidak pernah tinggal dibatasi oleh tembok-tembok..tetapi Bait Allah hanya merepresentasikan kehadiranNya di tengah umatNya.
Berbeda dengan Perjanjian Baru setiap orang disebut bait Allah (gereja Tuhan).
Apa yang menunjukkan Allah ada di gerejaNya…? KemuliaanNya.
Ketika kemuliaan Tuhan tinggal dalam orang percaya maka semua lidah mengaku, semua lutut bertelut mengaku Yesus sebagai Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here