Mentor and Mentee

0
370

Oleh : AP

Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, “Bangkitlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza.” Jalan itu jalan yang sunyi. Lalu Filipus bangkit dan berangkat. Adalah seorang Etiopia, seorang pejabat istana, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah. Orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab Nabi Yesaya. Filipus bergegas ke situ dan mendengar pejabat istana itu sedang membaca kitab Nabi Yesaya. Kata Filipus, “Mengertikah Tuan apa yang Tuan baca itu?” Jawabnya, “Bagaimana aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?” Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.
(Kisah Para Rasul 8:26‭-‬28‭, ‬30‭-‬31 PBTB2)

Perenungan
Seorang pejabat Ethiopia yang mempunyai kedudukan tinggi menganut kepercayaan Yahudi (proselit kelihatannya) karena ia datang jauh-jauh untuk beribadah ke Yerusalem.
Tuhan tidak membiarkan orang ini hanya datang beribadah tetapi tidak mengerti esensinya … Ia tekun membaca kitab Yesaya tetapi hanya kebingungan yang ditemukannya.
Karena itu Roh Tuhan menyuruh Filipus mendekatinya dan menjelaskan ayat yang dibacanya.
Hari itu Sang Pejabat ini mendapatkan pengertian tentang Siapa Yesus Sang Mesias itu dan ia memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Juruselamatnya dan kemudian dibaptis.
Filipus berperan sebagai Mentor yang menjelaskan dan mengajar Firman Tuhan…sedangkan tugas Mentee atau orang yang dibimbing adalah membuka hati dan mau diajar.
Guru dan murid harus sama-sama mau dipimpin Roh Kudus.

Penerapan
Ketika seseorang hendak mengajarkan Firman baik dalam penginjilan atau dalam Komsel atau berbentuk khotbah … maka pimpinan Roh Kudus sangat diperlukan.
Berdoa supaya pendengar mempunyai hati seorang murid yang mau diajar dan membuka hatinya, dilembutkan hatinya untuk mendengar, menerima dan mengerti Firman.
Miliki hati hamba seorang Mentor pada Roh Kudus seperti Filipus dan miliki kehausan akan Firman seperti Pejabat Ethiopia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here