Jenis Persembahan

0
729

Oleh : Ap

Setiap pengikut suatu keyakinan agama pasti melakukan yang namanya mempersembahkan kepada yang disembah nya.
Dalam Perjanjian Lama Tuhan juga menyuruh umatNya mempersembahkan sesuatu kepadaNya di hadapan Imam.

Perenungan dan Penerapan

Ada beberapa jenis yang disebutkan di ulangan 26 yang berhubungan dengan persembahan:

1. Persembahan ucapan syukur
Ulangan 26:2, 5, 10 (TB)  maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kaukumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau menaruhnya dalam bakul, kemudian pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana.  
Kemudian engkau harus menyatakan di hadapan TUHAN, Allahmu, demikian: Bapaku dahulu seorang Aram, seorang pengembara. Ia pergi ke Mesir dengan sedikit orang saja dan tinggal di sana sebagai orang asing, tetapi di sana ia menjadi suatu bangsa yang besar, kuat dan banyak jumlahnya.
Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil pertama dari bumi yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN. Kemudian engkau harus meletakkannya di hadapan TUHAN, Allahmu; engkau harus sujud di hadapan TUHAN, Allahmu,


Persembahan ini bersifat sebagai ucapan syukur atas semua berkat Tuhan yang diberikan, semuanya karena anugerah bukan karena kehebatan kita.
Persembahan ini mengingatkan bahwa Tuhanlah pemelihara hidup kita dan sekarang kita mempersembahkan sebagai peringatan akan hal ini.

2. Persembahan Perpuluhan
Ulangan 26:12-13 (TB)  “Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.
Dan haruslah engkau berkata di hadapan TUHAN, Allahmu: Telah kupindahkan persembahan kudus itu dari rumahku, juga telah kuberikan kepada orang Lewi, dan kepada orang asing, anak yatim dan kepada janda, tepat seperti perintah yang telah Kauberikan kepadaku. Tidak kulangkahi atau kulupakan sesuatu dari perintah-Mu itu.


Ada yang berargumen mengenai keharusan kewajiban perpuluhan di Perjanjian Baru, tetapi kalau dilihat prinsipnya di Perjanjian Lama maka perpuluhan adalah hal wajib yang harus dikembalikan kepada Tuhan sebagai persembahan atas berkat yang sudah diberikan.
Perpuluhan dikembalikan di hadapan imam dan disebutkan juga supaya dikelola oleh imam untuk keperluan orang Lewi, anak yatim, orang asing dan para janda.

Semua berkat yang diperoleh 1/10 nya tidak boleh di klaim sebagai milik kita.
Imamat 27:30 (TB)  Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.

Jadi tujuan perpuluhan adalah milik Tuhan yang akan dikelola untuk keperluan di atas.
Di Gereja sekarang ini persembahan perpuluhan digunakan untuk keperluan rumah Tuhan, hamba Tuhan, full timer dan diakonia dengan kata lain semua yang kita persembahkan untuk Tuhan sebenarnya dikembalikan untuk dipakai keperluan umatNya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here