Hidup Itu Penuh Dengan Pilihan

0
404

Oleh : Ap

Ulangan 29:25-29 (TB) Maka orang akan menjawab: Sebab mereka itu telah melalaikan perjanjian TUHAN, Allah nenek moyang mereka, yakni perjanjian yang diikat-Nya dengan mereka ketika mereka dibawa-Nya keluar dari tanah Mesir,
dan sebab mereka itu sudah pergi berbakti kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, yakni allah yang tidak dikenal mereka dan yang tidak diberikan TUHAN kepada mereka sebagai bagiannya.
Itulah sebabnya murka TUHAN bangkit terhadap negeri ini, sehingga didatangkan ke atasnya segala kutuk yang tertulis dalam kitab ini:
TUHAN telah menyentakkan mereka dari tanah mereka dalam murka dan kepanasan amarah dan gusar-Nya yang hebat, lalu melemparkan mereka ke negeri lain, seperti yang terjadi sekarang ini.
Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini.”

Perenungan
Orang Yahudi diakui dunia sebagai orang yang pandai dan banyak yang menjadi inventor dalam berbagai bidang.
Tetapi mereka baru menjadi negara kembali di tahun 1948 setelah mengalami genosida dari Jerman di bawah Hitler.
Tentunya banyak yang bertanya mengapa hal ini bisa terjadi.
Sebenarnya jawaban sudah diberikan dari awal semenjak mereka hendak masuk Kanaan.
Di Bilangan 28-29 Tuhan memberikan pilihan-pilihan dgn konsekuensi-konsekuensi nya.

Penerapan
Hidup ini penuh dengan pilihan, apalagi di zaman now di mana informasi melimpah dan saling mempengaruhi dengan cepat lewat medsos.
Manusia dengan mudah dipengaruhi bahkan diintimidasi bila keluar dari kesepakatan-kesepakatan umum, muncul yang namanya cyber bullying.

Tetapi apa yang Tuhan berikan sebagai pilihan di Bilangan 28 masih berlaku yaitu bila kita baik-baik, sungguh-sungguh mendengarkan dan melakukan Firman maka Janji berkat Nya akan berlaku.

Ulangan 28:1 (TB) “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

Bukankah sering kita diperdengarkan dan menuntut tentang berkat-berkat ini ketika menjadi anak Tuhan? Tetapi pernahkah kita melakukan sisi lainnya yaitu setia pada FirmanNya?

Semuanya adalah pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here