Jangan Jadi Kacang Lupa Kulitnya

0
322

Oleh : AP

2 Raja-raja 5:6-8 (TB) Ia menyampaikan surat itu kepada raja Israel, yang berbunyi: “Sesampainya surat ini kepadamu, maklumlah kiranya, bahwa aku menyuruh kepadamu Naaman, pegawaiku, supaya engkau menyembuhkan dia dari penyakit kustanya.”
Segera sesudah raja Israel membaca surat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya serta berkata: “Allahkah aku ini yang dapat mematikan dan menghidupkan, sehingga orang ini mengirim pesan kepadaku, supaya kusembuhkan seorang dari penyakit kustanya? Tetapi sesungguhnya, perhatikanlah dan lihatlah, ia mencari gara-gara terhadap aku.”
Segera sesudah didengar Elisa, abdi Allah itu, bahwa raja Israel mengoyakkan pakaiannya, dikirimnyalah pesan kepada raja, bunyinya: “Mengapa engkau mengoyakkan pakaianmu? Biarlah ia datang kepadaku, supaya ia tahu bahwa ada seorang nabi di Israel.”

Ayat-ayat ini adalah seperti menunjukkan suatu parodi di Israel.
Orang Asing sengaja datang ke Israel karena beriman bahwa di Israel ada Allah yang bisa menyembuhkan penyakit yang tidak tersembuhkan lewat nabi-nabi nya.

Sedangkan raja Israel sendiri tidak menganggap penting bahkan melecehkan Tuhannya sendiri dan melupakan bahwa di Israel masih ada nabi Tuhan

Pelajaran:
Ada peribahasa seperti kacang lupa kulitnya…itu artinya seperti seorang yang sudah ditebus Tuhan dari dosa maut tetapi setelah itu hidupnya kembali ke kubangan yang kotor dan bahkan ia melupakan siapa Tuhannya…
Seseorang yang lupa kulitnya bahkan tidak tahu dan tidak mengenal Tuhannya sendiri.
Tidak pernah membaca suratNya (alkitab) …tidak pernah memikirkan atau mencerna arti perkataanNya…tidak pernah minta pimpinanNya.

Orang percaya yang lupa statusnya sama dengan raja Israel yang lupa akan Tuhannya …. karena itu hari ini Naaman sudah datang untuk menyadarkan kita kembali bahwa kita adalah umat Tuhan dan umat pemenang, garam dan terang di dunia ini…
Amin.JBU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here