Expire ? … No!

0
613

Oleh : IL

Yosua 14:10-15
Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.
Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.” Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati. Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Perenungan:
Di usia 85 tahun Kaleb datang pada Yosua “menagih” janji Tuhan.

Mengapa Kaleb melakukan hal tersebut ? Karena Kaleb yakin sekali bahwa Tuhan Allah yang ia sembah sanggup memberikan apa yg IA telah janjikan, sekalipun 45 tahun telah berlalu sejak Firman Tuhan yang disampaikan lewat Musa dan sekalipun hamba-Nya Musa telah tiada.

Apa yang Kaleb lakukan selama 45 tahun, yaitu “waktu tunggu” sampai tiba penggenapan janji Tuhan?

  1. Persiapan (Preparation)
    Kaleb mempersiapkan diri, ia melatih tubuh dan jiwa nya (mental) agar siap berperang. Ia melatih pasukannya untuk menghadapi raksasa terbesar yang masih mendiami tanah perjanjian.
  2. Bertekun (Persistence)
    Tanpa lalai selama 45 tahun Kaleb melatih otot-otot tubuhnya sehingga di usia 85 tahun ia masih sama kuatnya dengan waktu disuruh Musa mengintai tanah Kanaan.

Dan inilah yg terpenting.

  1. Komitmen pada Tuhan
    Karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati. (Yosua 14:14b)

Ada 2 kesaksian yang Kaleb sampaikan setelah melewati 45 tahun masa penantian tersebut, yaitu:

  • Tuhan telah memelihara selama 45 tahun tersebut (14:10)
  • Tuhan memberi kekuatan untuk berperang & keluar masuk (14:11)
    Tuhan memampukan Kaleb utk menerima realisasi janji Tuhan sekalipun ia sudah berusia 85 tahun.
    ==> Tidak ada istilah “expire” bagi orang yang terus setia & memegang janji Tuhan!

Aplikasi:
Adakah janji Tuhan yang sedang kita nanti-nantikan. Mari seperti Kaleb terus mempersiapkan diri, terus melatih diri, terus meningkatkan kapasitas. (Yosua 14:10-15)
Sehingga saat kairos Tuhan tiba kita menjadi orang yang siap menerima penggenapan janji Tuhan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here