Berikan Padaku Pegunungan Hebron

0
383

Oleh : Pak Ap

Yosua 14:11-13 (TB) pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.
Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”
Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.

Hebron adalah tempat tinggal Abraham setelah berpisah dengan Lot, tempat di mana Tuhan berjanji akan memberikannya kepada Abraham. Di Hebron Abraham mendirikan mezbah dan di Hebron Sarah dikuburkan.

Kejadian 13:18
Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.
Kejadian 35:27
Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, ayahnya, di Mamre dekat Kiryat-Arba — itulah Hebron — tempat Abraham dan Ishak tinggal sebagai orang asing.

Hebron juga merupakan tempat pemerintahan Daud selama menjadi raja di Yehuda selama 7 tahun.

Perenungan
Kaleb memilih pegunungan Hebron untuk menjadi bagiannya. Salah satu Wilayah tersulit untuk dikuasai karena diduduki oleh para keturunan Enak (raksasa) danTembok-tembok besar, tetapi janji Tuhan digenapi dan Kaleb berhasil membunuh dan menguasai daerah Hebron.

Yosua 14:15 (TB) Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Penerapan
Kalau anda dan saya menjadi Kaleb yang saat itu sudah masuk Kanaan… mungkin kita memilih daerah yang subur, sudah dikuasai sudah tidak perlu berperang dengan susah payah melawan raksasa lagi.
Pilihan seperti yang 2½ suku Israel lakukan adalah pilihan mudah dan cerdik (secara manusia).
Tetapi Kaleb yang usianya sudah 85 tahun memilih Hebron yang ditakuti oleh mata-mata Israel saat itu yang membuat mereka menjadi belalang saat itu. yang mereka sebut raksasa yang memakan manusia pada saat itu.
Itulah yang dipilih Kaleb!. Mengapa Kaleb memilih Hebron?
Ingat perkataan mereka Kaleb dan Yosua saat itu:

Bilangan 14:6-9 (TB) Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.”

Kaleb masih mengingat perkataannya dan janji Tuhan akan memberikan Hebron sebagai bagian dari Kanaan
Ia menggenapi dan menunjukkan bahwa Tuhan tidak berbohong kepada umat Israel. Kaleb memilih Hebron sebagai penggenapan janji Tuhan dalam hidupnya.

Pelajarannya: Kejarlah janji Tuhan dalam hidup kita seperti Kaleb mengejar Hebron sebagai penggenapan janji Tuhan dalam hidupnya.
Dalam Alkitab terdapat ribuan janji Tuhan (Aku akan besertaMu, jangan takut, pasti…ujilah Aku).
Begitu banyak janji Tuhan yang perlu kita kejar dan dibuktikan dalam hidup Kaleb dan kita semua dan semuanya akan digenapi Nya. Amin.

(Dave Guzic mengatakan semakin usia kita bertambah tua seperti Kaleb seharusnya iman kita semakin bertambah kuat untuk mendapatkan janji Tuhan dalam hidup kita).
Daud mengatakan di masa tuanya ia melihat Tuhan tidak pernah lalai akan janjiNya:
Mazmur 37:25
Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here