Pruning

0
72

Oleh : AP

Yohanes 15:2-6 (TB) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Perenungan
Pruning adalah cara membersihkan carang-carang pohon anggur dengan cara membuang carang-carang yang sudah tua dan kering.
Biasanya petani akan mencari pokok yang masih muda dan bertunas sedangkan yang kering dan sudah bercarang tapi tidak berbuah akan dipotong habis.

Yesus memakai perumpamaan ini untuk menggambarkan bahwa anak-anak Tuhan tidak akan bisa berbuah apalagi berbuah banyak bila tidak mau melekat pada pokok anggur yang benar yaitu Yesus sendiri.

Mungkin anak-anak Tuhan lebih suka melekat kepada kepandaian sendiri, kemampuan sendiri atau melekat kepada sesuatu yang dianggap lebih keren, lebih menarik atua ‘lebih mudah syaratnya’ atau ‘lebih berkuasa’ dari Yesus.

Memang proses pembersihan (pruning) tentunya akan sedikit menyakitkan dan memerlukan penyangkalan diri.

Tetapi proses di dalam Tuhan, penundukkan diri pada Firman akan membuat hidup kita berbuah dan membuat semua orang bisa menikmatinya, melihatnya dan memuliakan Tuhan.

Penerapan
Jangan menghindari proses pembersihan…Tuhan tahu yang terbaik untuk kita dan hidup kita.
Percaya setiap Firman bertujuan bukan untuk mempersulit hidup kita tetapi untuk memurnikan hati, pikiran dan perasaan agar selaras dengan Kristus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here