Haruskah kita Mengulang Sejarah yang Sama?

0
158

Oleh : AP
Yesaya 20:1-6 (TB) Pada tahun ketika panglima yang dikirim oleh Sargon, raja Asyur, tiba di Asdod lalu memerangi dan merebutnya,
pada waktu itu berfirmanlah TUHAN melalui Yesaya bin Amos. Firman-Nya: “Pergilah dan bukalah kain kabung dari pinggangmu dan tanggalkanlah kasut dari kakimu,” lalu ia pun berbuat demikian, maka berjalanlah ia telanjang dan tidak berkasut.
Berfirmanlah TUHAN: “Seperti hamba-Ku Yesaya berjalan telanjang dan tidak berkasut tiga tahun lamanya sebagai tanda dan alamat terhadap Mesir dan terhadap Etiopia, demikianlah raja Asyur akan menggiring orang Mesir sebagai tawanan dan orang Etiopia sebagai buangan, tua dan muda, telanjang dan tidak berkasut dengan pantatnya kelihatan, suatu penghinaan bagi Mesir.
Maka orang akan terkejut dan malu karena Etiopia, pokok pengharapan mereka, dan karena Mesir, kebanggaan mereka.
Dan penduduk tanah pesisir ini akan berkata pada waktu itu: Lihat, beginilah nasib orang-orang yang kami harapkan, kepada siapa kami melarikan diri minta pertolongan supaya diselamatkan dari raja Asyur. Bagaimana mungkin kami terluput?”

Perenungan
Bagaimana rasanya tidak memakai pakaian selama 3 tahun dan kelihatan bagian belakangnya yang merupakan penghinaan bagi Israel dan bangsa-bangsa di sekitarnya saat itu.
Kaki telanjang tanpa kasut seperti tawanan yang sudah tidak memiliki kehormatan lagi.

Penerapan
Itu adalah peringatan Tuhan lewat nabi Yesaya selama 3 tahun.
Bayangkan selama 3 tahun Tuhan serius memperingatkan untuk suatu kejadian besar yang bakal menyesakkan dan itu adalah peringatan yang Tuhan berikan agar terjadinya pertobatan.
Dan agar orang-orang bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

Bagaimana dengan kita yang baru saja mengalami peringatan juga selama pandemi Covid 19 ini (sekarang sudah 2022….hampir tiga tahun juga).
Apakah ada perubahan ke arah yang benar setelah pandemi berakhir…atau akan mengalami sejarah yang sama dengan orang Israel?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here