Carilah Tuhan Maka Ia akan Berkenan Kepadamu

0
486

Oleh : AP

Ezra 6:15, 22 (TB) Maka selesailah rumah itu pada hari yang ketiga bulan Adar, yakni pada tahun yang keenam zaman pemerintahan raja Darius.
Lagipula mereka merayakan hari raya Roti Tidak Beragi dengan sukacita, tujuh hari lamanya, karena TUHAN telah membuat mereka bersukacita; Ia telah memalingkan hati raja negeri Asyur kepada mereka, sehingga raja membantu mereka dalam pekerjaan membangun rumah Allah, yakni Allah Israel.

Perenungan dan Penerapan

Apakah ketika Tuhan memerintahkan orang Yehuda pulang untuk membangun kembali Bait Allah (kedua) berjalan dengan mulus?
Tidak…
Ada musuh-musuh yang tidak suka anak-anak Tuhan bersekutu dengan Tuhannya…mereka dari jauh (seberang sungai) datang untuk menghalangi pembangunan Bait Allah.

Ezra 5:3 (TB) Tetapi pada waktu itu juga datanglah kepada mereka Tatnai, bupati daerah sebelah barat sungai Efrat, bersama-sama dengan Syetar-Boznai dan rekan-rekan mereka, dan beginilah katanya kepada mereka: “Siapakah yang memberi perintah kepadamu untuk membangun rumah ini dan menyelesaikan tembok ini?”

Tetapi apa yang terjadi ketika hal ini minta diselidiki oleh raja Darius? Ditemukan surat dari raja Koresh dan sesudah itu diputuskan bahwa Tatnai dan Syetar harus mencukupkan setiap kebutuhan umat Tuhan sampai rumah Tuhan selesai.

Ezra 6:8-12 (TB) Lagipula telah dikeluarkan perintah olehku tentang apa yang harus kamu perbuat terhadap para tua-tua orang Yahudi mengenai pembangunan rumah Allah itu, yakni dari pada penghasilan kerajaan, dari pada upeti daerah seberang sungai Efrat, haruslah dengan seksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu.
Dan apa yang diperlukan, yakni lembu jantan muda, domba jantan, anak domba untuk korban bakaran bagi Allah semesta langit, juga gandum, garam, anggur dan minyak, menurut petunjuk para imam yang di Yerusalem, semuanya itu harus diberikan kepada mereka hari demi hari tanpa kelalaian,
supaya mereka selalu mempersembahkan korban yang menyenangkan kepada Allah semesta langit dan mendoakan raja serta anak-anaknya.
Selanjutnya telah dikeluarkan perintah olehku, supaya setiap orang yang melanggar keputusan ini, akan dicabut sebatang tiang dari rumahnya, untuk menyulakannya pada ujung tiang itu dan supaya rumahnya dijadikan reruntuhan oleh karena hal itu.
Maka Allah, yang sudah membuat nama-Nya diam di sana, biarlah Ia merobohkan setiap raja dan setiap bangsa, yang mengacungkan tangan untuk melanggar keputusan ini dan membinasakan rumah Allah yang di Yerusalem itu. Aku, Darius, yang mengeluarkan perintah ini. Hendaklah itu dilakukan dengan seksama.”

Mungkin ini yang di maksud ketika seseorang berkenan kepada Tuhan maka musuhnya pun akan didamaikanNya.

Amsal 16:7
Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itu pun didamaikan-Nya dengan dia.

Kesimpulan: Carilah perkenanan Tuhan (alias lakukan perintah Firman Tuhan) maka Tuhan akan berkenan kepada kita dan mujizat Tuhan terjadi dalam hidup kita…amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here