Berperilaku Seperti Ester

0
456

Oleh : AP

Pembacaan Ester 1 dan 2

Tidak mudah mencari pengganti ratu Wasti yang secara fisik sangat cantik sebagai pendamping seorang Raja Ahasyweros yang menguasai wilayah dari Etiopia sampai India.

Mengapa Ester bisa memenangkan seleksi jadi ratu dari mungkin ratusan gadis dari seluruh wilayah jajahan ?

Perenungan
Hal-hal apa yang dimiliki seorang Ester sehingga ia mendapat perkenanan sang raja?

  1. Ia seorang yang tahu arti anugerah
    Ketika Ester menjadi yatim piatu dan diangkat anak oleh sepupunya yaitu Mordechai, Ester patuh dan hormat kepada Mordekhai (Ester merahasiakan kebangsaannya sesuai perintah Mordekhai).
  2. Ester seorang yang elok hatinya
    Meskipun disebutkan ia elok fisiknya dan wajahnya cantik (Ester 2:7)
    Ester tahu walaupun ia cantik,.ia diperhadapkan kepada raja dengan saingan gadis-gadis cantik yang juga tidak kalah dengan nya.
    Selain paras dan wajah cantik Ester juga mempunyai sikap yang baik dan berkenan kepada banyak orang: Pengawasnya Hegai berkenan kepadanya, dan semua orang yang bertemu dengan nya (2:16).
    Bahkan raja menemukan Ester mempunyai karakter yang berbeda dengan gadis-gadis lainnya.

Penerapan

Mungkin bagi seorang raja Ahasyweros yang mempunyai begitu banyak gundik dan perempuan cantik sudah biasa baginya tapi masalah perekenanan adalah berhubungan dengan hati.

Alkitab mengatakan bahwa Raja di atas segala raja melihat hati bukan penampilan.

1 Samuel 16:7, 13 (TB) Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Kesimpulan:
Teladan Ester adalah ia mempunyai hati yang murni dan tidak hanya berfokus untuk mengambil keuntungan pribadi (ester 2:15) Tetapi ia berfokus dengan segenap hati kepada apa yang menyenangkan hati raja.

Kecantikan sejati terpancar dari dalam hati.

Sudahkah kita menyenangkan hati Raja di atas segala Raja dengan segenap hati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here