Berpegang Pada Perintah Tuhan

0
667
persons hand with white manicure

Oleh: Ap

Ulangan 13:4 (TB) TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintah-Nya, suara-Nya harus kamu dengarkan, kepada-Nya harus kamu berbakti dan berpaut.

Perenungan
Di masa perjuangan bangsa Israel masuk Kanaan mereka masih menjadi satu kesatuan, selalu bersama kemanapun mereka pergi.
Tetapi setelah mapan tinggal di Kanaan, Tuhan memperingatkan akan hal-hal yangg bisa membuat mereka lengah.

Penerapan
Ada beberapa tipe orang yang bisa membuat kita menjauhkan diri dari Tuhan :

  1. 1.Nabi Palsu
    Nabi ini bisa berbuat dan nubuatannya terjadi, sepertinya dapat pewahyuan dari Tuhan tapi ia berbicara atas nama Allah lain dan mengajak menjauh dari Tuhan maka ia termasuk nabi palsu.

Ulangan 13:2 (TB) dan apabila tanda atau mujizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi, dan ia membujuk: Mari kita mengikuti allah lain, yang tidak kaukenal, dan mari kita berbakti kepadanya,

Di sini kita belajar bahwa nubuatan dan mujizat tidak selalu berasal dari Tuhan, dari buahnya kita bisa mengenalnya karena itu kita harus senantiasa menguji segala sesuatu dengan Firman Tuhan.

  1. 2.Keluarga inti dan teman dekat/akrab
    Bisa mengajak kita menjauh dari Tuhan.

Ulangan 13:6 (TB) Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,

Ini mengingatkan kita supaya berhati-hati dalam memilih pasangan dan teman.
Mereka bisa perlahan-lahan menjauhkan kita dari Tuhan karena alasan cinta.
Bahkan bila anak sendiri membujuk untuk menjauhkan kita dari Tuhan maka ia harus ditegur keras.

Ini artinya pergaulan (lewat dunia nyata atau digital/media sosial) bisa mempengaruhi kerohanian kita. Tuhan katakan kitalah yang harus mempengaruhi mereka bukan sebaliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here