Serupa Tapi Tak Sama

0
697
body of water near mountain peak during daytime

Oleh: Ap

Ulangan 11:29
Jadi apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke negeri, yang engkau masuki untuk mendudukinya, maka haruslah engkau mengucapkan berkat di atas gunung Gerizim dan kutuk di atas gunung Ebal.

Ulangan 27:13
Dan mereka inilah yang harus berdiri di gunung Ebal untuk mengutuki, yakni suku Ruben, Gad, Asyer, Zebulon, Dan serta Naftali.

Ulangan 27:12
“Sesudah kamu menyeberangi sungai Yordan, maka mereka inilah yang harus berdiri di gunung Gerizim untuk memberkati bangsa itu, yakni suku Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Yusuf dan Benyamin.

Perenungan
Adalah sangat menarik kalau kita melihat posisi gunung Gerizim dan Gunung Ebal, karena mereka seperti saudara kembar yang berhadap-hadapan sangat dekat.
Katanya bahkan bila kita berbicara di gunung yang satu maka akan terdengar di gunung lainnya, dan di tengah-tengah dua gunung itu terletak kota Sechem.

Meskipun kembar, masing-masing gunung mempunyai nasib yang berbeda. Gunung Gerizim dikenal sebagai gunung yang diberkati, gunung yang subur, gunung yang dipakai untuk mengucapkan berkat-berkat dan di Gerizim inilah orang Samaria menjadikan pusat penyembahan mereka sebagai ganti Yerusalem.
Berbeda dengan saudaranya, Gunung Ebal adalah gunung gersang yang berbatu-batu dan tidak ada kehidupan di sana.

Penerapan
Lokasi Greizim dan Ebal hanya setapak jaraknya tetapi menghasilkan sesuatu yang jauh berbeda seperti bumi dan langit.
Tuhan mengingatkan bahwa pilihan hidup kita bila salah akan menghasilkan yang berbeda meskipun sedikit menyimpang jaraknya. Ketaatan kepada perintah Tuhan akan menghasilkan berkat sedangkan pilihan lainnya membawa kutuk.

Mana yg akan anda pilih? jangan salah pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here