Penyertaan dan Tanda Ajaib

0
573

Oleh : AP

1 Raja-raja 17:21-22, 24 (TB) Lalu ia mengunjurkan badannya di atas anak itu tiga kali, dan berseru kepada TUHAN, katanya: “Ya TUHAN, Allahku! Pulangkanlah kiranya nyawa anak ini ke dalam tubuhnya.”
TUHAN mendengarkan permintaan Elia itu, dan nyawa anak itu pulang ke dalam tubuhnya, sehingga ia hidup kembali.
Kemudian kata perempuan itu kepada Elia: “Sekarang aku tahu, bahwa engkau abdi Allah dan firman TUHAN yang kauucapkan itu adalah benar.”

1 Raja-raja 18:36-39 (TB) Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: “Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali.”
Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.
Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: “TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!”

Perenungan
Kisah Nabi Elia adalah kisah yang populer bagi orang percaya.
Diceritakan Elia banyak melakukan dan mengalami mujizat di antaranya: diberi makan lewat burung gagak, membangkitkan orang mati, berdoa menurunkan hujan, diangkat ke surga dengan kereta api.
Sepertinya Elia adalah orang sakti dan luar biasa.
Apakah kisah Elia hanya menggambarkan bahwa Elia adalah manusia super?

Penerapan
Yakobus menuliskan bahwa Elia adalah manusia biasa bukan super hero.
Yakobus 5:16-18 (TB) Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya.

Yakobus menyebutkan bahwa yang luar biasa adalah Tuhan semesta alam yang bekerja melalui Elia yang
memanjatkan doa-doa nya dengan sungguh-sungguh dan serius dalam pelayanannya.
Ia selalu mengikuti tepat seperti yang Tuhan perintahkan step by step.

Ketika orang percaya mau berjalan persis dan tepat seperti yang Tuhan perintahkan maka kuasa Tuhan bekerja dahsyat dalam dirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here