Jika Kamu Meminta…. Aku Akan Melakukannya!

0
297

Oleh : IL

(BE Yohanes 14:12-14)

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Perenungan:
Konteks nats di atas adalah tentang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan.
Yesus menegaskan bahwa…Orang yang percaya kepada Yesus, ia akan meneruskan karya Yesus di dunia, memberitakan tentang Kerajaan Allah, dan mendemonstrasikan kasih dan kuasa Tuhan seperti yang Yesus lakukan, bahkan hal-hal yang lebih besar dari yang telah Yesus lakukan!
What?
Masaa? Bagaimana mungkiiinnn? Yesus sudah menyembuhkan yang lumpuh, mencelikkan yang buta sejak lahir, membangkitkan anak muda di Nain, bahkan membangkitkan mayat Lazarus yang sudah membusuk.
Apakah mungkin bisa melakukan hal yang lebih besar daripada itu?
Ya! Yesus menegaskan dengan mengatakan “Sesungguhnya” (Truly, truly), dalam bahasa aslinya: “Amen, Amen!”

Lalu Yesus memberitahukan caranya…yaitu dengan meminta kepadaNya dalam nama Yesus, maka Yesus lah yang akan melakukannya!
Dan sudah jelas sekali bahwa..setiap demonstasi kuasa Tuhan..hanyalah diperuntukkan untuk kemuliaan Tuhan saja.
(13b) supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Kesimpulan:
Janji Yesus, “apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya” harus dikaitkan dengan konteks melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan, jadi tidak untuk hal-hal lain, seperti meminta hal-hal untuk pemuasan keinginan kita.

Aplikasi:

  1. Menyadari bahwa sebagai orang percaya, kita ditetapkan untuk melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Yesus telah lakukan.
    Kita mendapat amanat memberitakan tentang keselamatan dari Tuhan, mengajarkan untuk melakukan apa yang telah Yesus ajarkan.

Matius 28:19-20
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

  1. Menyadari bahwa kita telah diberi kuasa dan otoritas dari Tuhan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan.

Lukas 10:19
Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

  1. Menyadari bahwa kita telah diberikan kuasa untuk berdoa, meminta intervensi ilahi, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan.

Yohanes 14:13-14
dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

  1. Menyadari bahwa semua mujizat dan demonstrasi kuasa Allah hanyalah ditujukan untuk kemuliaan Allah, jangan sampai kita terpancing untuk memuliakan diri kita.

Ibrani 13:20-21
Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati.
Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus.
Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here