Jangan Berbuat Jahat

0
155

Oleh : AP

Mazmur 52:1-9 (TB) Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran Daud, (52-2) ketika Doëg, orang Edom itu, datang memberitahukan kepada Saul, bahwa Daud telah sampai di rumah Ahimelekh. (52-3) Mengapa engkau memegahkan diri dengan kejahatan, hai pahlawan, terhadap orang yang dikasihi Allah sepanjang hari?
(52-4) Engkau merancangkan penghancuran, lidahmu seperti pisau cukur yang diasah, hai engkau, penipu!
(52-5) Engkau mencintai yang jahat lebih dari pada yang baik, dan dusta lebih dari pada perkataan yang benar. Sela
(52-6) Engkau mencintai segala perkataan yang mengacaukan, hai lidah penipu!
(52-7) Tetapi Allah akan merobohkan engkau untuk seterusnya, Ia akan merebut engkau dan mencabut engkau dari dalam kemah, membantun engkau dari dalam negeri orang-orang hidup. Sela
(52-8) Maka orang-orang benar akan melihatnya dan menjadi takut, dan mereka akan menertawakannya:
(52-9) “Lihatlah orang itu yang tidak menjadikan Allah tempat pengungsiannya, yang percaya akan kekayaannya yang melimpah, dan berlindung pada tindakan penghancurannya!”
(52-10) Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya.
(52-11) Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak; karena nama-Mu baik, aku hendak memasyhurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi!

Perenungan
Gara-gara Laporan Doeg (orang suruhan Saul di Nob) maka 85 orang imam Tuhan mati dan satu kota imam dibunuh Saul.

1 Samuel 22:17-18 (TB) Lalu raja memerintahkan kepada bentara yang berdiri di dekatnya: “Majulah dan bunuhlah para imam TUHAN itu sebab mereka membantu Daud; sebab walaupun mereka tahu, bahwa ia melarikan diri, mereka tidak memberitahukan hal itu kepadaku.” Tetapi para pegawai raja tidak mau mengangkat tangannya untuk memarang imam-imam TUHAN itu.
Lalu berkatalah raja kepada Doëg: “Majulah engkau dan paranglah para imam itu.” Maka majulah Doëg, orang Edom itu, lalu memarang para imam itu. Ia membunuh pada hari itu delapan puluh lima orang, yang memakai baju efod dari kain lenan.

1 Samuel 22:19 (TB) Juga penduduk Nob, kota imam itu, dibunuh raja dengan mata pedang; laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak yang menyusu, pula lembu, keledai dan domba dibunuhnya dengan mata pedang.

Doeg rupanya membuat laporan seolah -olah para imam di Nob membela Daud dan memberontak kepada Saul.

Daud menyebut Doeg orang jahat…karena ada dua kejahatan yang ia lakukan:

  1. Doeg memfitnah imam di Nob
    Kenyataannya Imam di Nob tidak tahu perkara yang terjadi antara Daud dan Saul.
    1 Samuel 22:14-15 (TB) Lalu Ahimelekh menjawab raja: “Tetapi siapakah di antara segala pegawaimu yang dapat dipercaya seperti Daud, apalagi ia menantu raja dan kepala para pengawalmu, dan dihormati dalam rumahmu?
    Bukan ini pertama kali aku menanyakan Allah bagi dia. Sekali-kali tidak! Janganlah kiranya raja melontarkan tuduhan kepada hambamu ini, bahkan kepada seluruh keluargaku, sebab hambamu ini tidak tahu apa-apa tentang semuanya itu, baik tentang perkara kecil maupun perkara besar.”

Daud tidak bersekutu dengan Ahimelekh, tetapi ia meminta makanan bekas persembahan dan mengambil haknya sendiri yaitu pedang Goliat.

  1. Doeg ingin dipromosikan Saul
    Asalnya ia hanya mengurus Masalah yang berhubungan dengan persembahan dan pengelolaan domba-domba Saul di Nob (pemimpin gembala domba Saul – 1 Sam 22).
    Doeg ingin promosi kedudukan tinggi dengan menyebarkan fitnah.

Doeg menghalalkan segala cara demi kepentingan diri sendiri.
Ia menggunakan kelemahan Saul utk kepentingan dirinya.

  1. Doeg membunuh keluarga imam dan seisi kota imam

Atas alasan perintah raja maka Doeg berani membunuh imam Tuhan.
Ini adalah kejahatan serius dan menunjukkan Doeg tidak takut Tuhan walaupun ia berurusan dengan hal-hal rohani setiap harinya


Penerapan
Bekerja atau melayani hal-hal rohani tidak menjamin seseorang takut Tuhan.
Doeg menjadi contoh orang yang ambisius tetapi menghalalkan segala cara demi mencapai kedudukan tinggi.

Memang tidak diceritakan bagaimana akhir hidup Doeg.
Tetapi Daud memberikan satu petunjuk (tersirat) kalau akhir hidup Doeg hancur hidupnya akibat kejahatannya dan semua orang benar melihat kehancuran Doeg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here