Terang Dunia

0
310

Oleh : IL

(BE Yohanes 9:5)

Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia.”

Perenungan:
Yesus berkata bahwa Dialah terang dunia.
Dunia berada dalam kegelapan, karena tidak mengenal Allah Penciptanya.
Seperti orang buta yang tidak tahu ke mana harus melangkah…demikianlah Yesus datang mencelikkan mata yang buta, sehingga mereka tahu kebenaran, membukakan jalan bagi orang sehingga tahu jalan kebenaran, bisa kembali kepada rancangan indah dari Penciptanya.

Namun ternyata….Yesus berkata…Yesus menjadi terang bagi dunia selama Yesus ada di dalam dunia.
Wahh….Jadi bagaimana?
Apakah setelah Yesus kembali ke sorga, lalu dunia kembali kepada kegelapan? Ternyata tidak!

Yesus sudah memilih murid-muridNya untuk melanjutkan karya keselamatan di dunia. Kepada orang-orang yang percaya dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat, Yesus menetapkan mereka menjadi terang dunia, meneruskan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan..bahkan memperlengkapi murid-muridNya dengan kuasa dan otoritas untuk melakukan hal yang lebih besar lagi dari yang Yesus lakukan.

Matius 5:14-16
Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Yohanes 14:12
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,
bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah terang dunia.
Menarik sekali…
Yesus berkata…“kamu adalah terang dunia”
Mengapa bukan “kamu harus menjadi terang dunia”

Artinya…
Kita sudah memiliki terang di dalam diri kita, yaitu Roh Tuhan sendiri, sehingga otomatis ada terang memancar saat kita berkata-kata, bersikap, melakukan segala sesuatu. Ada sesuatu yang berbeda dari apa yang dunia lakukan. Terang itu akan nyata jelas terlihat di tengah dunia yang penuh kegelapan. Jadi, menerangi dunia seharusnya sudah otomatis menjadi natur orang percaya, ga perlu bersusah-susah atau menjadi beban.

Aplikasi:

  1. Menyadari keberadaan kita sebagai orang-orang percaya, bahwa kita adalah terang dunia.
  2. Menyadari bahwa menerangi dunia adalah amanat penting yang Tuhan embankan kepada setiap kita, bukan sebuah pilihan yang bisa dikerjakan kalau kita mau, dan bisa tidak kita kerjakan kalau kita enggan…Tuhan telah menentukan kita untuk meneruskan pekerjaan-pekerjaan yang telah Tuhan mulai, melanjutkan karya keselamatan dari Tuhan sehingga banyak jiwa menerima anugerah keselamatan seperti yang kita sudah terima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here