Hati-hati Dengan Kuk Mesir!

0
10

Oleh : IL

GBA BE Keluaran 1:13-14

Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat,
yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.

Perenungan:

“Kuk Mesir” adalah tekanan pekerjaan yang sangat berat yang membuat hidup menjadi pahit, tidak ada hari untuk beristirahat,
dan tidak punya kesempatan beribadah kepada Tuhan.

Di dunia modern sekarang ini juga ada “kuk Mesir”.
Bukan hanya ketika seseorang yang karena kebutuhan ekonomi yang mendesak sehingga mengharuskannya bekerja dalam jangka waktu yang melebihi normal.
Namun banyak pula akibat gaya hidup yang berlebihan pun membuat seseorang harus bekerja ekstra keras agar dapat memenuhi tuntutan gaya hidup kelas atas yang sebetulnya belum mampu dipenuhinya.
Terkadang ada pula kesuksesan yang datang tiba-tiba… di mana seseorang yang kapasitasnya belum sebanding dengan pekerjaannya, menjadikan pekerjaan tersebut menjadi beban, ia selalu kehabisan waktu sehingga menjalani hidup yang tidak seimbang, bahkan hari istirahat nya pun tidak ada.
Ia tidak dapat beribadah, apalagi melayani Tuhan.
Biasanya keputusan yang diambil adalah mengurangi waktu bersekutu dengan Tuhan Allah Pencipta.

Aplikasi:

  1. Harus peka terhadap kuk Mesir di dunia modern sekarang ini.
    Menyadari bahwa dunia mengarahkan orang-orang termasuk orang percaya untuk menjadi hamba-hamba uang (mammon), sehingga kehidupannya hanya berkutat pada hal-hal jasmani & sementara saja, dan tidak punya waktu lagi untuk membangun kerohanian & menggenapi rancangan Tuhan yang mulia.

Matius 4:4
Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

  1. Minta hikmat dari Tuhan
    bagaimana mengelola waktu, tenaga, uang dengan bijaksana dan takut akan Tuhan.
  2. Menyadari bahwa Tuhan tidak merancangkan anak-anakNya untuk hanya berkutat pada hal-hal duniawi yang sementara, hanya soal makan dan minum, tapi Tuhan memiliki rancangan yang luar biasa bagi anak-anakNya yaitu untuk menjadi alat KerajaanNya, untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik yang telah Tuhan rancangkan.

Imamat 26:13
Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, supaya kamu jangan lagi menjadi budak mereka.
Aku telah mematahkan kayu kuk yang di atasmu dan membuat kamu berjalan tegak.”

Efesus 2:10
Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya.
Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Roma 14:17-18
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here